Pengelolaan Hama Gudang Terpadu

Editor : 1. Djoko Prijono, M. Agr., 2. Okky S. D., 3. Sri Widiyanti, Msi, 2006

Description

       Pengelolaan hama gudang terpadu (Integrated Storage Pest Management ) sebenarnya merupakan penerapan prinsip pengelolaan hama terpadu ( Integrated Pest Management ) yang telah lama dikenal di bidang produksi tanaman pangan, perkebunan dan hortikultura. Pengelolaan hama gudang terpadu (PHGT) merupaka sistem memadukan unsur pertimbangan biaya yang efektif, aman, dan tidak menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan dalam usaha untuk menekan susut kualitas maupun kuantitas pada komoditas yang disimpan. 

       Metode PHGT didasarkan pada monitoring komoditas dan hama secara tersistem, pengendalian yang dapat dipertanggungjawabkan secara ekonomi, diterima masyarakat dan tidak berdampak negatif terhadap lingkungan melalui model perkiraan dan sistem evaluasi yang terus menerus.

      Modul ini ditulis dengan tujuan untuk menerapkan pemahaman dan teknik pelaksanaan PHGT. Pembahasan modul ini lebih diarahkan pada metode PHGT yang telah memenuhi pertimbangan-pertimbangan teknis, dampak pada lingkungan serta secara ekonomi dapat dipertanggungjawabkan . Sebagai pelengkap disajikan pula penelolaan komoditas terpadu. Dasar acuan penyusunan modul ini bersumber dari pengalaman, sumber pustaka yang berhubungan dengan masalah PGHT serta informasi dan sumber pustaka lainnya. 

Share this: