Tuesday, 16 June 2009 on 3:48am

BIOTROP mengadakan TC mengenai Tanaman Obat

Pada tanggal 8 sampai dengan 12 Juni 2009, BIOTROP mengadakan pelatihan berjudul “Training Course on The Conservation and Sustainable Management of the Medicinal Plants of Tropical Forest”. Pelatihan ini diketuai oleh Dr. Hilman Affandi, Peneliti BIOTROP dan dikoordinasikan oleh BIOTROP Training Information Center (BTIC). Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memperkenalkan kepada peserta tentang metode pelestarian dan pengelolaan berkelanjutan tanaman obat hutan tropis. Pelatihan ini meliputi pembekalan teori selama 2 hari serta praktek kerja dan kunjungan lapangan selama 3 hari.

Peserta mendapat kesempatan untuk mengunjungi Kebun Tanaman Obat Karya Sari, Biofarmaka IPB. Sedangkan praktek kerja dilaksanakan di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Dengan mengikuti training ini diharapkan para peserta dapat mengetahui pentingnya tanaman obat untuk kehidupan sehingga dapat mendorong pemerintah dan industri untuk mendukung pelestarian lingkungan.

Laporan dan sambutan kepada peserta disampaikan oleh Dr. Hilman Affandi selaku ketua pelatihan. Pembukaan pelatihan dipimpin oleh Dr. Bambang Purwantara, Direktur SEAMEO BIOTROP. Didalam sambutannya beliau menekankan betapa pentingnya melestarikan tanaman obat. Beliau juga menambahkan bahwa BIOTROP akan selalu siap untuk mendukung segala bentuk kegiatan pelestarian ini sesuai dengan payung program yang menjadi pedoman penelitian BIOTROP. Pelatihan ini diikuti oleh 18 peserta yaitu dari Brunei Darussalam (1), Cambodia (1), Indonesia (6), Malaysia (8), Philippines (1) dan Thailand (1). Pelatihan ini ditutup oleh Direktur pada tanggal 12 Juni 2009, pukul 15:00.

Share this:

Latest News

Sharing Session on Project Management Concept 7 Keys of Project Success

Tissue Culture as an Effort to Save Ornamental Plant Biodiversity

SEAMEO BIOTROP Identify Potential Implementation of MBKM Program in Indonesia

SEAMEO BIOTROP Implementation of Save Biodiversity Program in Supporting Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)

SEAMEO BIOTROP and the Government of Ogan Komering Ulu Regency Initiate the Agro Techno Park

News Archive