Monday, 05 December 2011 on 10:27am

SEAMEO BIOTROP Menyelenggarakan Pelatihan II Budidaya Sorgum untuk Memenuhi Kebutuhan Pangan, Pakan, Energi dan Industri

Untuk kedua kalinya, SEAMEO BIOTROP menyelenggarakan Pelatihan Budidaya Sorgum untuk Memenuhi Kebutuhan Pangan, Pakan, Energi dan Industri pada tanggal 28 November - 2 Desember 2011 di kampus SEAMEO BIOTROP. Pelatihan ini diikuti oleh 34 peserta dari lembaga penelitian pemerintah, perguruan tinggi, kelompok tani dan perusahaan swasta.

Pelatihan ini secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta dan Keterampilan dalam berbagai teknik budidaya dan pemanfaatan sorgum untuk mendukung pangan, pakan, energi, dan industri di Indonesia. Pelatihan ini juga bertujuan sebagai sarana bagi peserta untuk bertukar informasi dan pengalaman mereka dan membangun kerjasama untuk pemberdayaan petani melalui budidaya sorgum pada lahan kering

Kegiatan pelatihan ini meliputi diskusi dan praktikum tentang topik-topik berikut: Pengantar sorgum, penanganan pasca panen sorgum, pengelolaan serangga hama penyimpanan, penanganan jamur pada hasil panen sorgum, nilai gizi makanan berbasis sorgum, perumusan silase sorgum untuk ruminansia, sorgum untuk pakan burung puyuh, sorgum sebagai media untuk budidaya jamur, tepung sorgum dan sorgum sebagai penghasil energi.

Narasumber pelatihan berasal dari SEAMEO BIOTROP, Institut Pertanian Bogor (IPB), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Balai Penelitian Ternak (BALITNAK) dan Pusat Aplikasi Teknologi Isotop dan Radiasi, Badan Energi Nuklir Nasional (PATIR-BATAN).

Bertindak selaku koordinator pelatihan adalah Dr. Soepriyanto.


Share this:

Latest News

SEAMEO BIOTROP to Strengthen Collaboration with Kasetsart University

Public Seminar on the Importance of Urban Biodiversity Islands

CRC 990-EFForTS, SEAMEO BIOTROP Conduct the 2nd Training Workshop on Tropical Plant Identification

SEAMEO BIOTROP and Universitas Syiah Kuala Strengthen Their Collaboration Agreement

Official Visit of The Minister for Education of Singapore to 7 SEAMEO Centres in Indonesia

News Archive