Thursday, 02 July 2009 on 3:17am

Staf Layanan Karantina Pertanian Mengikuti Pelatihan Uji Coba Mycotoxin dan Logam Berat

Pangan dan pakan menjadi sumber energi yang dibutuhkan oleh manusia dan hewan. Di sisi lain, makanan atau masukan dapat menjadi sumber penyakit. Berbagai kontaminan dapat merusak makanan atau bahan makanan. Sehingga menjadi tidak aman untuk dikonsumsi dan berbahaya untuk kesehatan manusia. Di antara kontaminan sering ditemukan dalam makanan segar yang berasal dari tanaman yang dihasilkan oleh mycotoxin yang diproduksi oleh jamur / berserabut jamur. Mycotoxin adalah metabolite sekunder yang dihasilkan oleh beberapa jenis jamur. Kontaminasi dari mycotoxin umumnya terjadi pada biji kopi, biji kakao, sorghum, beras, jagung, kedelai, merica, kacang-kacangan, dan lain-lain.

Oleh karena itu, pemerintah Indonesia berkewajiban untuk melindungi konsumen melalui program kontrol makanan mulai dari tanam di lapangan sampai dengan produk siap untuk konsumsi. Berdasarkan Keputusan Menteri Pertanian No 299/Kpts/OT.140/7/2005 sebuah Pusat Informasi tentang Bio Keamanan telah didirikan di bawah Layanan Karantina Pertanian. Pusat ini adalah berkuasa untuk melakukan kontrol keamanan pangan antara lain dari makanan segar yang berasal dari tanaman tanaman impor atau tanaman ekspor.

Sekitar 26 anggota staf dari Layanan Karantina Tanaman dari berbagai tempat di Indonesia mengikuti Pelatihan uji coba Mycotoxin dan logam berat di BIOTROP, Bogor, yang dilaksanakan pada 28 Juni hingga 5 Juli 2009.

Pelatihan ini dipimpin oleh Ibu Santi Ambarwati Msi., Technical Manager BIOTROP Layanan Laboratorium. Instruktur dari pelatihan itu Dr Hilman Affandi dan Dr Okky S. Dharmaputra, keduanya merupakan peneliti BIOTROP dan Arif Nuryadin BSc., Asisten Laboratorium.

Share this:

Latest News

SEAMEO BIOTROP Hosts Delegates From Türkiye and Malaysia for Biodiversity Conservation and Innovative Research on Invasive Species

SEAMEO BIOTROP Welcomes MSIB Batch 6 with an Official Onboarding Event

SEAMEO BIOTROP Service Laboratory Undergoes 2nd Surveillance Assessment by National Accreditation Committee (KAN) for ISO/IEC 17025:2017 Compliance

SEAMEO BIOTROP Welcomes University of Indonesia Students for Mushroom Cultivation Project

SEAMEO BIOTROP's 4th ICTB Conference: A Commitment to Tackling Global Challenges and Climate Change

News Archive